Ingredients

CENGKIH
Gambar terkait
Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. 

Pada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk sebelumnya menguyah cengkih, agar harumlah napasnya. Cengkih, pala dan merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. Pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. Pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7 gram emas.
Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. Dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibudayakan di Guyana, Brasilia dan Zanzibar.
Pada abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan harga emas karena tingginya biaya impor. Sebab cengkih disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengonsumsi tanaman cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri.


Manfaat :

1. Cengkeh mampu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba. Dengan mengonsumsi beberapa cengkeh maka dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

2. Cengkeh dapat membantu melindungi kerusakan yang disebabkan mikroba. Selain itu, dapat membantu merangsang energi dalam setiap bagian tubuh.

3. Cengkeh dapat membantu meringankan nyeri saat sakit gigi. Dengan memberikan sepotong cengkeh pada gigi yang sakit, maka nyeri akan mereda.

4. Cengkeh mengandung eugenol yang memberikan aroma khas, meredakan nyeri saat sakit gigi, dan membersihkan bakteri dalam mulut.

5. Tak hanya sebagai perlindungan dari dalam. Manfaat cengkeh juga bisa melndungi tubuh dari gigitan nyamuk.

6. Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu mengobati peradangan dan infeksi.

7. KHasiat Cengkeh memiliki sifat pemurnian dimana rempah ini dapat membantu memurnikan darah.



Nutrisi :

 Cengkeh Kering mengandung energi sebesar 292 kilokalori, protein 5,2 gram, karbohidrat 57,4 gram, lemak 8,9 gram, kalsium 740 miligram, fosfor 100 miligram, dan zat besi 5 miligram.  Selain itu di dalam Cengkeh Kering juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Cengkeh Kering, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

https://id.wikipedia.org/wiki/Cengkih#Sejarah_cengkih
https://doktersehat.com/khasiat-jitu-cengkeh/
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-cengkeh-kering-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.XAseMB_SK00


KAYU MANIS
Hasil gambar untuk kayu manis
Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.
Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.
Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.


Manfaat :

1. Mencegah peradangan dalam tubuh

Kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis memiliki sifat anti inflamasi sehingga berguna untuk melawan berbagai tingkat peradangan di seluruh tubuh.

2. Mendukung kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis juga berguna untuk melindungi kesehatan jantung, termasuk mencegah berbagai macam gangguan jantung lainnya seperti kadar kolesterol tinggi, tingkat trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi. Sebabnya, lagi-lagi karena kandungan zat antioksidan yang membantu mencegah pembekuan darah.

3. Melawan diabetes

Kayu manis memiliki sifat sehat lainnya yakni anti diabetes. Sehingga manfaat kayu manis berikutnya adalah untuk mencegah diabetes.


Nutrisi :

 Kayu manis mengandung eugenol, minyak atsiri, tanin, sinamaldehide, kalsium oksalat, safrole, zat penyamak dan damar.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_manis
https://www.merdeka.com/sehat/manfaat-kayu-manis-kln.html
http://agroteknologi.id/kandungan-dan-manfaat-tanaman-kayu-manis/


KETUMBAR
Hasil gambar untuk ketumbar
Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.
Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.


Nutrisi dan Manfaat :

Manfaat dari tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai negara. Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica). Namanya berbeda-beda di berbagai negara juga di berbagai daerah di Indonesia.
Manfaat yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.
Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ketumbar

Komentar

Postingan Populer