Famous Food

Spaghetti 


Spaghetti adalah bentuk jamak dari spaghetto kata Italia, yang merupakan spago kecil, yang berarti "tali tipis" atau "benang". Spaghetti (pengucapan bahasa Italia: [spaɡetti]) adalah pasta silindris yang panjang, tipis, padat.  Spaghettoni adalah bentuk spaghetti yang lebih tebal, sedangkan capellini adalah spaghetti yang sangat tipis. Ini adalah makanan pokok masakan Italia tradisional. Seperti pasta lainnya, spaghetti terbuat dari gandum giling dan air dan terkadang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Spageti otentik Italia terbuat dari semumol gandum durum, tapi di tempat lain bisa dibuat dengan tepung jenis lain. [Biasanya pasta berwarna putih karena tepung halus digunakan, tapi tepung gandum bisa ditambahkan.
Awalnya, spaghetti sangat panjang, tapi panjang yang lebih pendek semakin populer selama paruh kedua abad ke-20 dan sekarang paling umum tersedia dalam panjang 25-30 cm (10-12 inci). Berbagai hidangan pasta didasarkan pada itu, dan ini sering disajikan dengan saus tomat atau daging atau sayuran.
Popularitas spaghetti menyebar ke seluruh Italia setelah pendirian pabrik spaghetti di abad ke-19, memungkinkan produksi massal spaghetti untuk pasar Italia.
Di Amerika Serikat sekitar akhir abad ke-19, spaghetti ditawarkan di restoran seperti Spaghetti Italienne (yang kemungkinan terdiri dari mie yang dimasak di masa lalu al dente, dan saus tomat ringan yang dibumbui dengan bumbu dan sayuran yang mudah ditemukan seperti cengkeh, daun salam, dan bawang putih) dan baru beberapa dekade kemudian disiapkan secara umum dengan oregano atau kemangi.


https://rejekinomplok.net/jenis-jenis-pasta/
https://en.wikipedia.org/wiki/Spaghetti


Sushi

     Sushi berasal dari hidangan Asia Tenggara, yang dikenal sebagai narezushi (馴 れ 寿司, 熟 寿司 - "ikan asin"), disimpan dalam beras fermentasi selama mungkin berbulan-bulan pada suatu waktu. Fermentasi lakto dari beras mencegah ikan dari kerusakan;  beras akan dibuang sebelum dikonsumsi ikan. Jenis sushi awal ini menjadi sumber protein penting bagi konsumen Jepang. Istilah sushi berasal dari bentuk gramatikal kuno yang tidak lagi digunakan dalam konteks lain, dan secara harfiah berarti "mencicipi asam"; hidangan secara keseluruhan memiliki rasa asam dan umami atau gurih.  Narezushi masih ada sebagai spesialisasi daerah, terutama sebagai funa-zushi dari Prefektur Shiga.  

       Cuka mulai ditambahkan pada persiapan narezushi pada periode Muromachi (1336-1573) demi meningkatkan rasa dan pelestarian. Selain meningkatkan keasaman nasi, cuka tersebut secara signifikan meningkatkan umur panjang piringan tersebut, sehingga proses fermentasi menjadi pendek dan akhirnya ditinggalkan. Sushi primitif akan dikembangkan di Osaka, di mana selama beberapa abad menjadi oshi-zushi; Dalam persiapan ini, makanan laut dan nasi ditekan bentuknya dengan cetakan kayu (biasanya bambu). 

https://pasberita.com/makanan-khas-jepang/
https://en.wikipedia.org/wiki/Sushi

Komentar

Postingan Populer