Terminology

1.Makaroni(macaroni)


Pada umumnya, makaroni dikenal karena bentuknya yang unik dan lucu, memiliki rongga serta dipotong pendek. Selain itu untuk penamaan biasanya makanan diberi nama berdasarkan bentuk, tetapi ‘makaroni’ justru tidak mengacu kepada bentuknya yang khas tersebut melainkan pada adonan yang membentuknya. Nama makaroni berasal dari kata Italia “maccheroni”. Makaroni atau pasta kering ini terbuat dari gandum durum dan tidak mengandung telur. Ini adalah salah satu keunikan dari sejarah makaroni.
Saat ini memang makaroni sudah identik sebagai makanan yang berasal dari Italia dan di duga kuat makaroni dibawa oleh penjelajah terkenal asal Venesia Marco Polo dalam pejelajahannya mengelilingi dunia. Beberapa catatan mengetakan bahwa Marco Polo membawa beragam jenis pasta termasuk spaghetti dan macaroni dari daratan Cina. Nah, serunya catatan sejarah makaroni  ini tidak berakhir sampai di sini karena banyak pendapat lain dan perdebatan soal sejarah makaroni ini.
Soal asal-usul makaroni ini makin menarik karena, ada pendapat dari seorang ahli bumi yang tinggal di Sisilia yang mengatakan bahwa seabad sebelum era Marco Polo, makaroni sudah dikenal oleh masyarakat Italia khususnya di Trabia. Bahkan ada juga yang mengatakan awalnya makaroni yang berbentuk unik ini justru berasal dari Arab meski dengan penyebutan yang berbeda: secca.
Lalu kenapa makaroni justru dikenal sebagai salah satu jenis pasta khas Italia? Nah hal ini dikarenakan bangsa Italia-lah yang pertamakali memberikan penyebutan “macaroni”  dan membuat hak cipta serta mematenkan jenis pasta yang berbentuk pipa siku ini pada notaris. Nah ini sedikit cerita kenapa makaroni sekarang mendunia dan terkenal menjadi salah satu jenis pasta asal Italia. Lalu bagaimana dengan kuliner Indonesia, apakah akan lebih dulu dipatenkan oleh Negara lain

http://resepmakaroni.com/catatan-sejarah-makaroni
      ://https://www.google.com/search?q=makaroni&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjy1b-JvajZAhXC6Y8KHa-SBZEQ_AUICigB


2. Sosis (sausage)



Kata sosis berasal dari kata dalam bahasa Latin “Salsus”, yang berarti diasinkan atau diawetkan. Jaman dahulu, dimana mesin pendingin belum ditemukan untuk mengawetkan daging, maka pembuatan sosis menjadi salah satu alternatif.
Dalam sejarahnya, diperkirakan sosis dibuat oleh orang Sumaria ( sekarang Irak ) sekitar tahnun 300SM. Sosis pertama kali dikenali dari dokumen Yunani yang ditulis sekitar tahun 500SM. Dan dalam perkembangannya sosis menjadi makanan yang mendunia, dengan negara Jerman sebagai kiblatnya.


Sumber : https://heartframe.wordpress.com/2012/03/13/sejarah-dan-resep-sosis/ http://himaproter.lk.ipb.ac.id/ipb/sejarah-sosis/

3. Spaghetti 



Spaghetti adalah bentuk jamak dari spaghetto kata Italia, yang merupakan spago kecil, yang berarti "tali tipis" atau "benang".
Spaghetti (pengucapan bahasa Italia: [spaɡetti]) adalah pasta silindris yang panjang, tipis, padat.  Spaghettoni adalah bentuk spaghetti yang lebih tebal, sedangkan capellini adalah spaghetti yang sangat tipis. Ini adalah makanan pokok masakan Italia tradisional. Seperti pasta lainnya, spaghetti terbuat dari gandum giling dan air dan terkadang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Spageti otentik Italia terbuat dari semumol gandum durum, tapi di tempat lain bisa dibuat dengan tepung jenis lain. [Biasanya pasta berwarna putih karena tepung halus digunakan, tapi tepung gandum bisa ditambahkan.
Awalnya, spaghetti sangat panjang, tapi panjang yang lebih pendek semakin populer selama paruh kedua abad ke-20 dan sekarang paling umum tersedia dalam panjang 25-30 cm (10-12 inci). Berbagai hidangan pasta didasarkan pada itu, dan ini sering disajikan dengan saus tomat atau daging atau sayuran.
Popularitas spaghetti menyebar ke seluruh Italia setelah pendirian pabrik spaghetti di abad ke-19, memungkinkan produksi massal spaghetti untuk pasar Italia.
Di Amerika Serikat sekitar akhir abad ke-19, spaghetti ditawarkan di restoran seperti Spaghetti Italienne (yang kemungkinan terdiri dari mie yang dimasak di masa lalu al dente, dan saus tomat ringan yang dibumbui dengan bumbu dan sayuran yang mudah ditemukan seperti cengkeh, daun salam, dan bawang putih) dan baru beberapa dekade kemudian disiapkan secara umum dengan oregano atau kemangi.

https://en.wikipedia.org/wiki/Spaghetti

4. Mayonaise



Mayones (/ meɪəneɪz /, / ˌmeɪəneɪz /, juga AS: / mæneɪz /, dan sering disingkat mayo / meɪoʊ /) adalah saus kental dan kental yang sering digunakan sebagai bumbu. [1] Ini adalah emulsi minyak, kuning telur yang stabil, dan cuka atau jus lemon,  dengan banyak pilihan untuk hiasan dengan ramuan dan rempah lainnya. Protein dan lesitin dalam kuning telur berfungsi sebagai pengemulsi dalam saus mayones dan hollandaise. Ini mungkin berkisar dalam tekstur dari krim ringan sampai gel tebal.
Kata mayones tidak digunakan untuk berpakaian sebelum dimulainya abad ke-19. Referensi paling awal tampaknya oleh Alexandre Viard (1806), yang bagaimanapun tidak pernah memberikan resep untuk saus itu sendiri.  Pada saat itu, sausnya dibuat dengan aspic atau jelly, bukan emulsi telur. Pada tahun 1808, Grimod de La Reynière merujuk pada saus "bayonnaise": "Tetapi jika seseorang ingin membuat dari ayam dingin ini, sepiring pembedaan, seseorang menyusun seekor bayonnaise, yang jeli hijau, konsistensi yang baik, membentuk yang paling layak hiasan unggas dan salad ikan. "
Kamus Bahasa Inggris Oxford mencatat penggunaan kata "mayones" dalam bahasa Inggris pada tahun 1815. Larousse Gastronomique menyarankan: "Mayones, menurut pandangan kami, adalah tiruan moyeunaise yang populer, berasal dari kata moyeu Prancis yang sangat kuno, yang berarti kuning telur." Saus itu mungkin dinamai mayennaise setelah Charles de Lorraine, Adipati Mayenne, karena ia meluangkan waktu untuk menyelesaikan makan ayamnya dengan saus dingin sebelum dikalahkan dalam Pertempuran Arques. Menurut Trutter et al .: "Sangat mungkin bahwa dimanapun minyak zaitun ada, persiapan minyak dan telur yang sederhana terjadi - terutama di wilayah Mediterania, di mana aioli (minyak dan bawang putih) dibuat."

https://en.wikipedia.org/wiki/Mayonnaise

5. Sushi



     Sushi berasal dari hidangan Asia Tenggara, yang dikenal sebagai narezushi (馴 れ 寿司, 熟 寿司 - "ikan asin"), disimpan dalam beras fermentasi selama mungkin berbulan-bulan pada suatu waktu. Fermentasi lakto dari beras mencegah ikan dari kerusakan;  beras akan dibuang sebelum dikonsumsi ikan. Jenis sushi awal ini menjadi sumber protein penting bagi konsumen Jepang. Istilah sushi berasal dari bentuk gramatikal kuno yang tidak lagi digunakan dalam konteks lain, dan secara harfiah berarti "mencicipi asam"; hidangan secara keseluruhan memiliki rasa asam dan umami atau gurih.  Narezushi masih ada sebagai spesialisasi daerah, terutama sebagai funa-zushi dari Prefektur Shiga.  
       Cuka mulai ditambahkan pada persiapan narezushi pada periode Muromachi (1336-1573) demi meningkatkan rasa dan pelestarian. Selain meningkatkan keasaman nasi, cuka tersebut secara signifikan meningkatkan umur panjang piringan tersebut, sehingga proses fermentasi menjadi pendek dan akhirnya ditinggalkan. Sushi primitif akan dikembangkan di Osaka, di mana selama beberapa abad menjadi oshi-zushi; Dalam persiapan ini, makanan laut dan nasi ditekan bentuknya dengan cetakan kayu (biasanya bambu). 

https://en.wikipedia.org/wiki/Sushi

6. Hamburger



Ada banyak klaim tentang asal hamburger, tapi asal usulnya tetap tidak jelas.  Buku populer "The Art of Cookery made Plain and Easy" oleh Hannah Glasse memasukkan resep pada tahun 1758 sebagai "sosis Hamburgh", yang menyarankan untuk menyajikannya "dipanggang dengan roti panggang di bawahnya". Camilan serupa juga populer di Hamburg dengan nama "Rundstück warm" ("roti gulung hangat") pada tahun 1869 atau lebih awal,  dan diduga dimakan oleh banyak emigran dalam perjalanan mereka ke Amerika, namun mungkin sudah mengandung bumbu daging panggang panggang daripada Frikadeller Steak Hamburg dilaporkan telah disajikan di antara dua potong roti di Hamburg America Line, yang mulai beroperasi pada tahun 1847. Masing-masing dapat menandai penemuan Hamburger, dan menjelaskan namanya.
Menurut kongres Rosa DeLauro, hamburger, patty daging tanah di antara dua irisan roti, pertama kali dibuat di Amerika pada tahun 1900 oleh Louis Lassen, seorang imigran Denmark, pemilik Louis 'Lunch di New Haven, Connecticut.  Ada klaim saingan oleh Charlie Nagreen, Frank dan Charles Menches, Oscar Weber Bilby, dan Fletcher Davis.  White Castle melacak asal hamburger ke Hamburg, Jerman dengan penemuannya oleh Otto Kuase.  Namun, hal itu mendapat pengakuan nasional di Pameran St. Louis World 1904 ketika New York Tribune menyebut hamburger sebagai "inovasi dari penjual makanan di pike".  Tidak ada argumen konklusif yang mengakhiri perselisihan mengenai penemuan ini. 
Louis Lassen dari Louis 'Lunch, sebuah gerobak makan siang kecil di New Haven, Connecticut, dikatakan telah menjual hamburger dan steak sandwich pertama di A.S. pada tahun 1900.  Majalah New York menyatakan bahwa "Piring itu sebenarnya tidak memiliki nama sampai beberapa pelaut gaduh dari Hamburg menamai daging itu dalam roti setelah bertahun-tahun kemudian", mencatat juga bahwa klaim ini tunduk pada perselisihan.  Seorang pelanggan memesan makanan cepat saji dan Louis kehabisan steak. Mengambil hiasan daging sapi, Louis membuat patty dan memanggangnya, memasukkannya di antara dua irisan roti panggang.  Beberapa kritikus seperti Josh Ozersky, editor makanan untuk Majalah New York, mengklaim bahwa sandwich ini bukan hamburger karena rotinya dipanggang.


https://en.wikipedia.org/wiki/Hamburger

7.Pizza Hut



    Pizza Hut adalah rantai restoran Amerika dan waralaba internasional yang didirikan pada tahun 1958 oleh Dan dan Frank Carney. Perusahaan ini terkenal dengan menu masakan Italia-Amerika termasuk pizza dan pasta, serta lauk pauk dan makanan pencuci mulut. Pizza Hut memiliki lebih dari 16.000 lokasi di seluruh dunia pada tahun 2015. Ini adalah anak perusahaan dari Yum! Brands, Inc., salah satu perusahaan restoran terbesar di dunia.
    Pizza Hut didirikan pada bulan Juni 1958 oleh dua mahasiswa Wichita State University, saudara Dan dan Frank Carney, sebagai satu lokasi di Wichita, Kansas. PepsiCo mengakuisisi Pizza Hut pada bulan November 1977.
Sebelum ditutup pada tahun 2015, Pizza Hut yang beroperasi paling lama ada di Manhattan, Kansas, di sebuah distrik perbelanjaan dan kedai yang dikenal sebagai Aggieville di dekat Kansas State University. Restoran Pizza Hut pertama di sebelah timur Sungai Mississippi dibuka di Athena, Ohio pada tahun 1966 oleh Lawrence Berberick dan Gary Meyers.
    
sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Pizza_Hut


8.Kaiser roll / hard roll



Gulungan Kaiser (Kaisar Gulung, Jerman: Kaisersemmel), juga disebut gulungan Wina (Wiener Kaisersemmel; seperti yang dibuat dengan tangan juga: Handsemmel, Slovenia: kajzerca) atau gulungan keras, adalah gulungan roti bundar yang biasanya berkerak, berasal dari Austria. Ini terbuat dari tepung putih, ragi, malt, air dan garam, dengan sisi atas biasanya terbagi dalam pola simetris lima segmen, dipisahkan oleh potongan superfisial melengkung yang memancar dari pusat ke arah luar atau dilipat dalam serangkaian lobus yang saling tumpang tindih yang menyerupai mahkota.  Kaisersemmel yang renyah adalah makanan tradisional Austria yang secara resmi disetujui oleh Kementerian Pertanian Federal.
Semmel (berasal dari bahasa Latin: simila, tepung terigu) adalah nama umum untuk jenis gulung di Austria dan negara Jerman Bavaria, setara dengan Brötchen di Jerman Utara atau Weck di Baden-Württemberg.
Gulungan Kaiser telah ada dalam bentuk yang dikenali setidaknya sejak 1760. Mereka dianggap dinamai untuk menghormati Kaisar (Kaiser) Franz Joseph I dari Austria (1830-1916). Pada abad ke-18 sebuah undang-undang menetapkan harga eceran Semmeln (roti gulung) di Monarki Habsburg. Diduga, nama Kaisersemmel mulai digunakan secara umum setelah serikat tukang roti mengirimkan sebuah delegasi pada tahun 1789 kepada Kaisar Joseph II (1741-1790) dan meyakinkannya untuk melakukan deregulasi harga roti. 

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Kaiser_roll


 9.Muffin



Muffin adalah produk roti berukuran individual. Ini bisa merujuk pada dua item yang berbeda, roti lipat part-raised dan fastbread seperti cupcake. Flatbread adalah derivasi Inggris atau Eropa, dan berasal dari setidaknya awal abad ke-18, sementara quickbread berasal dari Amerika Utara selama abad ke-19. Keduanya umum di seluruh dunia saat ini.
Muffin fastbread (dikenal di Inggris sebagai "muffin Amerika" atau hanya sebagai "muffin") berasal dari Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-19. Penggunaan istilah tersebut untuk menggambarkan apa yang pada dasarnya kue cangkir atau roti tidak umum digunakan di Inggris sampai dekade terakhir abad ke-20 di balik penyebaran kedai kopi seperti Starbucks. (Ada resistansi yang melekat di Inggris dengan istilah yang tidak dapat diterapkan pada kue.) Mereka mirip dengan ukuran cupcakes dan metode memasak, perbedaan utamanya adalah cupcakes cenderung menjadi makanan penutup manis dengan menggunakan adonan kue dan yang sering diatapi dengan gula. lapisan es (frosting Amerika). Muffins tersedia di kedua varietas gurih, seperti muffin tepung jagung dan keju, atau varietas manis seperti rasa blueberry, chocolate chip, lemon atau pisang. Mereka sering dimakan sebagai makanan sarapan, sering ditemani dengan kopi atau teh. 


sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Muffin

10.Pie




Pies ditentukan oleh remahnya. Kue berisi (juga kerak tunggal atau kerak bawah), memiliki pastry yang melapisi baking, dan isiannya diletakkan di atas kue tapi dibiarkan terbuka. Kue kerak atas memiliki isi di bagian bawah piring dan ditutupi dengan pastry atau penutup lainnya sebelum dipanggang. Kue dua kerak memiliki isi yang benar-benar tertutup di cangkang kue. Kue Shortcrust adalah sejenis kue kering yang biasa digunakan untuk remah pie, tapi banyak hal bisa digunakan, termasuk biskuit roti panggang, kentang tumbuk, dan remah-remah.
Pies bisa bermacam-macam ukuran, mulai dari gigitan hingga ukuran yang dirancang untuk beberapa porsi.
Buku masak Romawi abad ke-1 Apicius membuat berbagai rujukan resep yang melibatkan kue pai. Pada tahun 160 SM, negarawan Romawi Marcus Porcius Cato (234-149 SM), yang menulis De Agri Cultura, mencatat resep kue kue yang paling populer yang disebut plasenta. Juga disebut libum oleh orang Romawi, itu lebih seperti cheesecake modern di atas dasar pastry, yang sering digunakan sebagai persembahan kepada para dewa. Dengan perkembangan Kekaisaran Romawi dan transportasi jalannya yang efisien, masakan pie menyebar ke seluruh Eropa.
Pies tetap menjadi pokok perjalanan dan orang-orang yang bekerja di negara-negara Eropa utara yang dingin, dengan variasi regional berdasarkan daging lokal yang tersedia dan tersedia, serta tanaman sereal lokal. The pastry Cornish adalah adaptasi dari pai untuk kebutuhan sehari-hari orang pekerja.

Sumber :  https://en.wikipedia.org/wiki/Pie

Komentar

Postingan Populer