Daily 21 Agustus 2019

Assalamualaikumm
Kembali lagi di blog saya, dimana saya akan menceritakan keseharian yang saya lakukan selama praktek di kitchen. Nah ini adalah hari ke tiga saya praktek. Seperti biasa saya datang pagi ke kitchen karena banyak yang akan kami lakukan. Di semester 5 ini kami dituntut untuk betul betul dapat menguaisai apa yang kami akan buat. Jadi tidak hanya sekedar membuat makanan, tetapi kami juga harus mengetahui teknik yang benar, sejarah dan juga mengetahui pasti apa yang akan kami buat. Hari ini saya akan membuat sourbread

Saya juga akan membuat french bread dari sourdought, dimana french bread yang dibuat dari sourdought akan memiliki tekstur keras di luar namun sangat lembut di baian dalamnya. Selain itu juga memiliki aroma yang harum dan juga rasa yang agak asam. Hari ini beberapa teman saya masih melanjutkan untuk membuat croissant. Begitupula dengan saya, kemarin saya dan teman saya sudah membuat adonan croissant. Jadi kami membagi tugas, dimana saya fokus untuk membuat sourbread dan teman saya fokus untuk membuat croissant.

Sayapun mulai mengolah sourdought menjadi sourbread dan juga french bread. Dikarenakan sourdought saya gagal, jadi saya membuat french bread dan sourbread menggunakan sourdought teman saya yang telah jadi. Untuk membuat sourbread saya mebggunakan recipe dengan mencampurkan 180gr sourdought dengan 500gr hard flour dan juga air sebanyak 250ml. Tidak lupa dengan yeastnya sebanyak 2gr saja. Setelah itu semua bahan dicampur sampai rata dan juga kalis. Adonan yang telah kalis di rest selama kurang lebih 1jam dengan disuhu ruangan dan jga kedap udara. 





Komentar

Postingan Populer