Food Terminology


Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan
Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan
tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.
Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening,
dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.


Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton) termasuk salah satu jenis dim sum. Di Xiamen (Fujian) dan sekitarnya, serta Taiwan, makanan ini disebut 扁食 (biǎn shí) atau pian sit dalam bahasa Hokkien. Di Fujian, makanan serupa namun berukuran lebih kecil disebut 扁肉燕 (pinyin: biǎn ròu yàn). Isinya campuran daging babi dan ubi jalar.


Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisional, Kapurung mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.Di daerah Luwu sendiri nama Kapurung' ini sering juga di sebut Pugalu atau Bugalu.



Gratin adalah lapisan keemasan yang terbentuk dari permukaan makanan disaat makanan tersebut di brown didalam oven atau diletakkan di bawah grill atau broiler, biasanya di atas makanan tersebut dilapisi dengan parutan keju, bread crumbs, or egg dan bread crumbs sebelumnya, “ gratin” adalah lapisan yang menempel pada wadah memasak, yang mana digores (grate in French) dan dimakan sebagai makanan kecil yang lezat. Istilah tersebut telah diperluas untuk menunjukkan metode dari memasak ikan, daging, sayuran, pasta dan bahkan dari makanan yang manis-manis.


Provencale adalah gambaran banyaknya preparation yang terinspirasi oleh (atau timbul dari) tukang masak dari provence, yang mana tediri dari olive oil, tomato, garlic redominate. Yang biasa digunakan di atas potongan daging atau poultry.


Meuniere adalah sebuah metode memasak yang dapat digunakan untuk semua jenis potongan ikan (whole, filleted, or steaks) ikannya selalu menggunakan sedikit terigu (sebab itu nama dari makanan/ meuniere berarti istrinya miller) dan digoreng menggunakan butter ini disusun diatas makanan yang memanjang dan di sprinkle dengan lemon juice, kemudian mentega nousette, butter noisette. Dan finally chop parsley.



Clam chowder, new England sebuah clam chowder terbuat dari cream atau susu: juga dikenal sebagai clam chowder BOSTON.


Choux pastry adonan pastry prancis klasik digunakan untuk membuat eclairs, cream puffs dan sejenisnya;adonannya lembab seperti paste, - seperti adaonan yang dibuat dengan menggunakan air yang mendidih dan atau susu, tepung, telur, mentega. pertama-tama dimasak diatas kompor, kemudian di bake didalam oven, produk yang dihasilkan bertekstur keras, dengan tampilan luar yang renyah dan didlamnya berongga juga dikenal sebagai pate a choux.


Salad adalah sebuah makanan mentah atau makanan yang dimasak dingin biasanya di dressed dan di seasoned disajikan sebagai makanan sampingan.
Sebuah istilah yang mengacu pada hidangan yang disiapkan dengan gaya Provence, sebuah wilayah di Prancis tenggara. Bahan yang menonjol digunakan dalam masakan Provencal meliputi bawang putih, bawang merah, tomat, jamur, terong, dan minyak zaitun. Seperti yang didefinisikan oleh Mechanical Turk 23 Desember 2011


Nasi disebut sebagai dua makanan yang terus ada dari zaman ke zaman di Indonesia sejak masa Paleolitikum (50.000 hingga 100.000 tahun lalu), seperti dicatatkan dalam buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia.
Pada masa itu, makanan di Asia Tenggara telah terbentuk berdasarkan karakter geografisnya, termasuk padi-padian yang tumbuh subur di barat, sementara umbi-umbian subur di timur.
Saking suburnya, lahan tani di Jawa menjadi sumber beras bagi pulau-pulau lainnya, seperti yang terpantau oleh Thomas Raffles, Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Jawa (1811-1816), yang menuliskan kekaguman akan suburnya tanah Jawa dalam buku The History of Java.

Sumber :

webster's new worlddictionary of culinary arts
lacousse castronomique
(source  : http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/03/092811720/sejarah.nasi.internet.dan.risiko.diabetes.orang.indonesia)

(source : https://www.google.co.id/search?client=safari&hl=en-id&ei=YXKPWvfMGoa40gTMioS4DQ&q=provencal+definition+food&oq=provencal&gs_l=mobile-gws-serp.1.1.0i71l5.0.0..64171...0....0.0.............mobile-gws-wiz-serp.1LS%2FNUvvdok%3D)


Komentar

Postingan Populer