Daily 24 Oktober 2018

Hari ini adalah hari ke 3 kami masuk kitchen dan hari terakhir saya masuk diminggu ini dikarenakan esok hari saya izin karena ada beberapa hal yang mengharuskan saya untuk pulang ke kampung saya. Nah seperti biasa kami masuk kitchen pada jam 7.00 dikarenakan jika kami masuk jam 8.00 maka kami akan telat untuk mengeluarkan makanan ke resto karena waktu yang tidak cukup untuk prepare sebelum open resto. Karena kemarin sauce dari empek empek sudah habis, maka hari ini saya membuat ulang sauce empek empek.

Pembuatan sauce empek empek tidaklah susah. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sauce empekempek yaitu air, ebi, gula merah, cuka, tong cai, bawang putih dan cabai rawit. Tongcai (冬菜, dōngcài) adalah sayuran khususnya terbuat dari lobak yang diasinkan. Tongcai biasanya dijadikan sebagai pelengkap yang ditaburkan di atas mi atau bubur, berbentuk potongan kecil-kecil berwarna coklat. Lobak diiris tipis, diberi garam, dan disimpan beberapa lama. Penambahan tongcai dalam pembuat pempek yaitu untuk memperkuat rasa kuah/cuko dari sauce pempek.

Cara membuat sauce empek empek cukup mudah. Pertama tama haluskan bawang putih dan cabai rawit. Setelah itu campur semua bahan lalu tunggu hinggah mendidih. Setelah itu saring agar ampasnya terpisah dengan saucenya. Setelah saya selesai membuat sauce. Seperti biasa sebelum kami open resto, kami membersihkan area kerja kami agar saat ada orderan kami nyaman untuk membuat makanannya. Untuk esok hari empek empek sudah sold out dikarenakan beberapa bahan telah habis dan sayapun jadi tenang utnuk izin diesok hari karena makanan yang saya handle telah sold out.


 

Komentar

Postingan Populer