Daily 09 Agustus 2018 Versi Indonesia

Hari ini merupakan hari dimana saya akan ujian LSP. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Jadi ujian LSP merupakan program wajib dari kampus untuk menguji kemampuan kami. Namun ujian LSP kali ini agak berbeda. Dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang ini, unjian kami tidak lagi tes kemampuan secara langsung di hadapan asesor ( juru penguji ) melainkan kami hanya menunjukkan keahlian kami lewat video.

Yang kami harus ujikan yaitu basic cutting, basic stock dan basic sauce. Saya memilih untuk mengujikan basic cutting fish, basic fish stock, dan basic sauce mayonnaise. Yang pertama saya video yaitu basic cutting fish. Untuk basic cutting fish, sebelum memperagakannya saya harus preparetion ikan. Jadi preparation ikan ada beberapa tahapan, diantaranya drawn yaitu membelah perut ikan dan mengeluarkan isi perut ikan tersebut. tahapan selanjutnya yaitu dressed. dressed ialah tahapan dimana kita memisahkan antara daging dan tulang ikan. dan terkhir yaitu skinout. skinout yaitu memisahkan antara daging ikan dan kulitnya.

Yang saya video selanjutnya yaitu membuat stock dan mayonaise. Stock adalah hasil rebusan bone, buoquet garnie dan mirpoix yang di simmer dengan waktu tertentu hinggah extraknya keluar. Stock ada dua jenis yaitu wite stock ( chicken stock, fish stock, vegetable stock) dan brown stock ( beef stock ). Setelah selesai membuat stock, saya melanjutkan membuat video yang terakhir, yaitu membuat mayonaise. Mayones atau mayonais adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich

Bahan Pembuatan Fish Stock

Penyaringan Fish Stock

Pembuatan mayonaise

Komentar

Postingan Populer