Ingredients

Kayu Manis (Cinnamon)
Kayu manis merupakan salah satu bumbu rempah yang memiliki aroma yang khas, rasa yang agak manis dan pedas. Selain menjadi bumbu untuk makanan, kayu manis banyak digunakan untuk kesehatan. Kayu manis digunakan di mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya : 

1. Mengontrol Gula darah : Kayu manis dapat mengintrol gula darah dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang membantu mengontrol tingkat gula darah. Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.
2. Menghangatkan : Kayu manis biasanya digunakan oleh pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.
3. Antiinfeksi : Manfaat kayu manis lainnya adalah kemampuannya mengatasi infeksi. Hal ini karena kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.
Kandungan Gizi: 
Hasil gambar untuk kandungan gizi kayu manis


https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kayu-manis?portionid=29574&portionamount=1,000 

Tempe
Tempe merupakan makanan yang dibuat dari fermentasi biji kedelai. Penemuan tempe berhubungan erat dengan produksi tahu di Jawa, karena keduanya dibuat dari kacang kedelai. Tahu sendiri dibawa oleh orang Tiongkok ke Jawa, yang mungkin sudah ada sejak abad ke-l7. Bukan hanya bahannya yang sama, akan tetapi mungkin juga secara langsung penemuan tempe berkaitan dengan produksi tahu. Tempe memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya :
1. Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi : Penelitian yang dilakukan peneliti dari Kuala Lumpur, Malaysia, mengemukakan hal yang menakjubkan dari penelitian tentang tempe ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kalsium yang ada dalam empat potong tempe dapat disandingkan dengan susu sapi.
2. Satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati : Tempe mengandung 1.7 µg atau 0.0017 mg vitamin B12 yang menjadikan tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 pada sumber nabati. Kandungan ini cukup untuk seseorang setiap harinya. 
3. Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging : Bisa dilihat bahwa kandungan protein pada tempe dapat disetarakan dengan kandungan dalam daging, malah lebih banyak mengandung protein. Kandungan nutrisi pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik (Widianarko, 2002). Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapt dicerna oleh tubuh.  

Kandungan Gizi :

Kandungan gizi dalam 100 gram tempe:
  • Energi: 150 kal
  • Protein: 14 gram
  • Lemak: 7,7 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat : 1,4 gram
  • Kalsium: 517 mg
  • Natrium: 7 mg
  • Fosfor: 202 mg
https://historia.id/kultur/articles/sejarah-tempe-vX7XD 
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-tempe-bagi-kesehatan/ 
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/tempe-dan-tahu-menurunkan-berat-badan/ 

Kedelai (soy bean)

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk dalam jenis polong-polongan. Kedelai menjadi bahan dasar beberapa makanan seperti tempe, tahu dan kecap. Kedelai diduga berasal dari daratan pusat dan utara Cina. Hal ini didasar-kan pada adanya penyebaran Glycine ussuriensis, spesies yang didugasebagai tetua G. max.Penyebaran kedelai di kawasan Asia, khususnya Jepang, Indonesia,Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, Birma, Nepal, dan India dimulai sejakpada abad pertama setelah masehi sampai abad penemuan (abad 15-16),bersamaan dengan semakin berkembangnya jalur perdagangan lewat daratdan laut. Kedelai mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya :

1. Menyehatkan Pencernaan : Kandungan serat larut dalam kedelai, akan membantu mempercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan. Menurut Live strong, diet tinggi serat akan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan buang air besar yang normal. Tambahkan kedelai pada menu makanan untuk mencegah kanker usus besar, sembelit dan wasir

2. Meningkatkan Kualitas Otak : Kandungan lesitin yang mampu memberikan asupan baik bagi kinerja otak. Lesitin mampu mencegah terjadinya gejala penyakit Alzheimer dan kandungan pitosterol membantu meningkatkan kekuatan sel saraf.

3. Memerangi Radikal Bebas : Zat isoflavon di dalah kacang kedelai merupakan senyawa baik yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh yang dikarenakan oleh polusi udara. Seseorang yang sering beraktivitas di luar rumah, konsumsi kacang kedelai dengan teratur untuk mencegah timbulnya akibat radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan Gizi : 



Komentar

Postingan Populer