Daily 23 Oktober 2019

Assalamualaikumm, Hari ini adalah hari ketiga kami praktek. Untuk hari ini kami fokus untuk membuat makanan modern dari tape beras ketan. Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan ketan yang diolah secara fermentasi. Dalam proses fermentasi tape ketan tahap persiapan (pencucian, pemasakan dan pendinginan), pengerjaan, dan fermentasi (pemanasan, inokulasi dengan ragi, dan inkubasi) merupakan tahap yang berpengaruh penting untuk menghasilkan tape ketan dengan mutu baik. Kemarin saya sudah membuat terangbulan mini dari tape.

Dikarenakan rasa dari terangbulan yang saya bikin kurang enak, jadi kami membuat makanan modern baru yaitu membuat mousse cake dari tape. Mousse berasal dari Perancis yang berarti busa. Mousse adalah makanan yang menggabungkan gelembung udara untuk memberikan tekstur yang ringan. Mousse adalah makanan penutup yang biasanya terbuat dari telur dan krim (klasik tidak ada krim, hanya kuning telur, putih telur, gula, coklat, dan perasa yang lain). Biasanya ada perpaduan dengan rasa lain yaitu coklat dan buah bubur. Tapi di zaman modern saat ini kebanyakan orang membuat mousse dari whipping cream dan bahan lainnya.

Kami mencampurkan pure tape keadonan mousse dan mencampurkan beberapa bahan lainnya agar rasa tapenya tidak begitu menyengat. Untuk base dari mousse kami menggunakan biskuit susu sehinngah rasanya dapat menyatu. Setelah kami membuat mousse kamipun mendinginkannya di chiller agar lebih bagus lagi. Setelah itu kami lanjut prepare untuk membuat mille crepe dimana pembuatan mille crepe ini kami mengerjakannya bersama teman kelompok usaha kami. Untuk mille crepe kami ditantang untuk membuatnya menjadi rasa kue traditional dan kelompok saya mendapat rasa cendol.




Komentar

Postingan Populer