Daily 21 Oktober 2019

Assalamualaikumm, Kembali lagi dengan sayaaaa. Seperti biasa nya saya akan membahas mengenai apa yang saya kerjakan selama praktek diminggu ini. Ini merupakan hari pertama saya praktek diminggu ini. Hari ini kampus kami mendapatkan banyak kunjungan dari tamu luar daerah. Dikarenakan kunjungan itu, maka kami harus menyiapkan lunch untuk para tamu. Sehari sebelumnya tepatnya dihari minggu, kami datang untuk prepare agar kami tidak kelabakan. Dikarenakan kemarin bahan belum datang, jadi saya dengan satu teman saya belanja ke pasar untuk membeli bahan yang habiss.

Kami kedatangan tamu dari para adik adik paskibraka tingkat provinsi. Jadi adik adik paskibraka tidak hanya berkunjung di prodi kami, melainkan juga berkunjung ke semua prodi yang ada di kampus kami.Setelah adik adik menyaksikan kami masak makanan buat lunch mereka, merekapun pergi ke restaurant kampus untuk bersiap siap menyantap lunch yang kami buatkan khusus untuk mereka. Setelah kami selesai handle makanan untuk lunch para tamu, kamipun lanjut untuk membuat biang dari kue apang paranggi. adi di esok hari kami akan membuat apang paranggi.

Kue Apang Paranggi adalah kue khas Sulawesi Selatan. Kue ini dibuat menggunakan gula merah, bumbu spekuk dan juga poteng yang sudah difermentasi dalam campuran bahannya. Poteng merupakan makanan fermentasi khas yang berasal dari Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari varietas singkong mentega atau ubi kayu mentega yang direbus setengah matang, kemudian diberi ragi. Sebelum kami membuat apang paranggi, kami membuat biangnya dulu. Biang dari adonan apang paranggi yaitu poteng yang sudah jadi dicampur dengan air kelapa kemudian didiamkan selama semalaman hinggah adonan mengembang.




Komentar

Postingan Populer