Daily 5 November 2018

Minggu ini adalah minggu ke 3 kami praktek. Diminggu ini kami kembali lagi pada menu ala carte I. Hari ini kami masih prepare dan belum open resto. Namun saya tidak membantu teman saya untuk prepare dikarenakan hari ini saya incharge di semester satu. Incharge merupakan tugas yang diberikan kepada kami ( smt 3 ) dimana kami menjadi supervisior semester satu yang memberikan mereka materi dan terkadang showing basic pada smt 1. Smester 1 sudah ke materi pastry and bakery dimana mereka akan diajarkan semua tentang basic pembuatan roti dan kue dan mereka tidak akan melangkah ke materi selanjutnya sebelum masing masing dari mereka dapat membuat basic dengan bagus.

Untuk hari ini materi yang akan saya bawakan yaitu basic soft roll. Soft roll adalah roti yang memiliki susunan remah yang sangat lembut dan terbuat dari tepung, butter, susu, gula dan shortening. Jenis roti ini termasuk dalam rich bread karena memiliki bahan tambahan susu dan shortening. Biasanya mempunyai kerak tipis, halus. Contohnya: egg twist bread, vlenna bread, fruit bread, sandwich, bun dan hamburger bread, brioche. Hari ini smt 1 masuk jam 7.30. Setelah saya absen dan mengecek tools mereka, mereka oneline di cold kitchen.

Setelah berdoa, kami review semester 1 mengenai materi bakery dan beberapa orang menjelaskan fungsi ingredients yang digunakan untuk pembuatan roti. Setelah selesai review, kami menjelaskan mengenai pembuatan soft roll. Tehnik yang digunakan dalam pembuatan soft roll yaitu straight dough method yaitu metode dimana semua bahan kering dicampur bersamaan dan disusul dengan liquidnya. Setelah menjelaskan, sayapun showing cara pembuatan soft roll kepada semester 1. Ketika proofing pertama, saya sudah mempersilahkan semester satu untuk doing agar dapat mempercepat waktu karena kami harus selesai pada jam 4 sore



Komentar

Postingan Populer