Daily 22 November 2018



Minggu ini merupakan minggu terakhir kami masuk kitchen dan hari ini adalah hari terakhir. Karena ini hari terakhir maka kami sebisa mungkin menghabiskan seluruh bahan preparean. Hari ini kami masuk kitchen pada jam 6.30 dan sesuai dengan kesepakatan bersama yang terlambat akan menjadi steward untuk hari ini. Beberapa teman kami terlambat dan mereka tetap menjalani hukkumannya. Seperti biasa setelah kami oneline, kami mendengar arahan dari supervisior kami tentang menu apa saja yang keluar hari ini karena beberapa makanan sudah sold out dikarenakan bahannya sudah habis.

Selain itu kami juga mengecek berapa pax makanan yang dapat keluar di resto. Setelah itu kami lanjut mempertanggungjawabkan makanan yang kami handle. Untuk hari ini saya hanya handle mashed potato dikarenakan untukvegetable dari beef wellingtone sudah dihandle oleh teman saya yang kemarin bertugas untuk incharge disemester satu. Saya tidak lagi membuat beef mashed potato dikarenakan sisa kemarin masih banyak. Jadi saya tinggal memanaskan mashed potato menggunakan metode au bain marie agar mashed potato tetap dalam keadaan hangat.

Au Bain Marie atau biasa dikenal dengan teknik water bath atau double broiler adalah teknik memasak yang bertujuan untuk memanaskan bahan secara perlahan serta bertahap untuk mencapai suhu panas yang diinginkan, atau untuk menjaga bahan tetap hangat selama waktu tertentu. Sesuai namanya water bath, atau direndam di air, jadi di teknik ini bahan akan dimasak menggunakan panas air (uap air lebih tepatnya). Setelah selesai, sambil menunggu open resto, saya membantu yang lain mengerjakan tugasnya.
 

Komentar

Postingan Populer