5 September 2019

Assalamualaikum teman teman, Kembali lagi dengan saya dimana saya akan menceritakan keseharian yang saya lakukan ketika praktek di kitchen. Nahh hari ini merupakan hari terakhir dimana kami praktek diminggu ini. Untuk hari ini materi kami yaitu puff pastry. Adonan puff pastry hampir sama dengan croissant, tetapi puff pastry tidak menggunakan ragi atau yeast. Puff pastry atau yang dikenal juga dengan pâte feuilletée, merupakan sejenis roti khas Perancis yang berlapis-lapis tipis dan ringan. Teksturnya renyah sekali dan cenderung akan hancur membentuk remahan-remahan ketika digigit.

Namun hari ini kami membuat beraneka jenis olahan puff pastry seperti palmiers, apple tart dan napoleon. Kami membuat puff pastry dengan berkelompok dan kelompok saya mendapat bagian untuk membuat chocolate napoleon. Sehari sebelumnya kami sudah membuat adonan puff pastry, kemuadian di rest semalaman di freezer agar fat dari adonan tidak leleh atau mencair. Kamipun mulai membuat filling untuk napoleonnya. Filling untuk chocolate napoleonnya yaitu chocolate pastry cream. Kamipun mulai membuat puff pastry dan setelah itu kami persentasikan di dosen kami.

Setelah selesai membuat puff pustry, kamipun lunch bersama sama. Setelah lunch, kami memulai gc. Kami mengusahakn gc selesai sebelum jam 3 dikarenakan hari ini teman kami yang laki laki akan ikut kajian setelah sholat ashar. Kamipun memulai gc dimulai dari membersihkan table working, stove, dan kemudian lanjut membersihkan lantai. Lantai disiram dengan air sabun, lalu disikat sampai bersih. Setelah disikat, lantai lalu disiram lagi menggunakan air bersih dan lantai dikeringkan. Setelah semua selesai dibersihkan, ketua kelas mengecek semua suhu dan juga sampah.





Komentar

Postingan Populer